Ini Cara yang Benar dan Cepat Mencuci Mobil saat #dirumahaja

Ini Cara yang Benar dan Cepat Mencuci Mobil saat #dirumahaja

Mencuci mobil dalam kurun yang teratur adalah penting, ini karena kotoran yang menempel serta debu yang tidak terdeteksi dapat merusak kualitas cat yang pada akhirnya penampilan mobil menjadi kurang menarik. Mungkin beberapa orang membawa mobilnya ke tukang cuci profesional untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tetapi sebenarnya Teman DFSK juga dapat melakukan hal ini sendirian dengan alat dan perlengkapan khusus. Pencucian yang dilakukan bisa menggunakan sabun khusus dan juga shampo. Yang jadi pertanyaan, apakah shampo dapat digunakan untuk mencuci mobil? Yuk simak penjelasan pada artikel berikut ini.

Berikut cara cuci mobil yang benar dan cepat di rumah

Mencuci mobil di rumah memang mudah dilakukan, namun jika dilakukan dengan sembarangan bisa merusak body mobil. Masalah yang paling umum ialah body mengalami baret hingga muncul bercak-bercak mengganggu pada eksterior kendaraan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka Teman DFSK perlu melakukan cara mencuci mobil yang cepat. Kamu perlu kamu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti:

1.      Lap plas chamois

2.      Sabun khusus cuci mobil

3.      Lap microfiber

4.      Ember

5.      Sikat kecil

6.      Selang

Setelah peralatan di atas sudah siap, yuk ikuti tahapan-tahapan cuci mobil dirumah yang benar dan cepat di bawah ini.

1.      Siram body mobil secara keseluruhan

Hal pertama yang Teman DFSK perlu lakukan adalah membasahi seluruh body mobil sebelum mulai melakukan pembersihan. Tujuannya tak lain untuk merontokkan kotoran, berupa debu, tanah, atau minyak yang menempel pada body mobil. Jika kamu menggunakan air bertekanan tinggi, hindari menyemprot mobil secara langsung karena akan membuat body rusak. Lakukan dengan cara menyimpang.

2.      Bersihkan body mobil dengan sabun

Setelah Teman DFSK selesai membasuh body mobil dengan air bersih, tahap selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah membersihkan body mobil dengan sabun yang telah disiapkan. Sebisa mungkin gunakan sabun khusus cuci mobil yang sudah terbukti aman dan ampuh melunturkan kotoran-kotoran di body mobil.

Hindari bahan pembersih yang tidak diperuntukkan bagi eksterior kendaraan. Karena bisa jadi hasilnya tak akan maksimal atau bahkan berisiko menimbulkan gangguan pada body mobil. Cara paling efektif untuk membersihkan body mobil ialah melakukannya mulai dari bagian atas, lalu lanjut ke bagian bawah. Cara ini akan lebih cepat untuk melunturkan kotoran-kotoran yang menempel di body mobil.

3.      Cuci mobil secara merata hingga ban

Salah satu penopang tampilan mobil agar terlihat apik ialah kondisi ban dan peleknya. Untuk itu jangan lupa untuk ikut membersihkan bagian ini ketika mencuci mobil. Teman DFSK bisa melakukanya dengan membersihkan dinding ban menggunakan sikat dan sabun. Setelah bersih lanjut pada bagian peleknya.

Untuk informasi tambahan, banyak pemilik mobil menyemir dinding ban mobilnya dengan harapan mendapat kesan wet look. Hal tersebut ada benarnya, namun banyak pihak yang tak menyarankannya karena berpotensi membuat dinding ban lebih cepat mengalami getas atau keras.

4.      Bilas dan keringkan body mobil hingga benar-benar kering

Setelah mobil bersih, selanjutnya Teman DFSK perlu membilasnya. Perlu diingat, hanya lakukan proses ini dengan menggunakan air bersih dan mengalir. Jika tidak maka body mobil yang sudah bersih akan menjadi sia-sia. Bilas mulai dari bagian atas body mobil, kemudian kaca, hingga ban dan detail-detail yang ada pada eksterior kendaraan. Selesaikan proses pembilasan dengan mengeringkan body mobil menggunakan lap plas chamois yang sudah siapkan.

Ada baiknya Teman DFSK menggunakan lap yang berbeda dengan yang dipakai untuk membersihkan body mobil pada tahap selanjutnya. Tips tambahan untuk mengeringkan body mobil dengan cepat, lakukan di tempat yang cukup terbuka. Proses pengeringan sangat penting ketika kita selesai mencuci mobil. Jika tak dilakukan dengan benar, ada kemungkinan body mobil mengalami watermark yang mengganggu tampilan eksteriornya.

Nah, itu dia tips terkait perawatan mobil kesayangan. Karena saat ini masih berlangsung PPKM dan kita diharuskan untuk tetap #dirumahaja, mencuci mobil bisa jadi aktivitas untuk menghilangkan penat kamu Teman DFSK. Yuk rawat mobil kesayanganmu.

Share :

Related Article