5 Faktor Yang Harus Di Perhatikan Saat Membeli Ban

5 Faktor Yang Harus Di Perhatikan Saat Membeli Ban

Banyak bagian-bagian mobil yang sangat penting. Ada yang menunjang kenyamanan selama berkendara, ada yang membuat mobil jadi lebih bergaya, ada bagian penunjang tambahan keamanan dan ada juga bagian utama yang harus ada serta harus terjaga kondisinya.

Salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil adalah ban mobil. Ban mobil itu ibaratkan alas kaki pada mobil. Walaupun tampak sederhana, karet bundar ini ternyata berpengaruh banyak pada performa dan kenyamanan mengemudi.

Selain itu, ban mobil juga berfungsi untuk menahan beban, menahan guncangan, meneruskan tenaga dari mesin dan melanjutkan fungsi kemudi. Tekanan angin adalah hal yang paling berpengaruh pada beban yang ditahan oleh ban mobil. Tekanan angin di dalam ban mobil digunakan untuk menopang berat kendaraan dan berat muatan yang dibawa kendaraan. Tekanan angin dan tipe ban sangat berpengaruh untuk meredam guncangan awal sebelum diredam lagi oleh suspensi. Ban mobil juga berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan. Ban mobil sangat penting dalam hal mengontrol arah kendaraan. Kemampuan dalam mengontrol arah akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara.

Karena itulah pemilihan ban yang tepat harus dilakukan dengan baik dan benar.  Tidak hanya sekedar penampilan, membeli ban juga harus memperhatikan 5 faktor berikut ini.

1. Perhatikan Ukuran Ban

Setiap ban mobil punya ukuran yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan tipe dan ukuran ban. Kamu bisa mengecek ukuran ban yang tepat untuk mobil tersebut pada plakat atau tulisan yang terdapat di pintu atau laci dashboard. Kadang juga ada di belakang tutup tangki untuk mengisi bahan bakar.

Kalau tidak menemukan panduan ukuran dan tipe ban mobil, coba cari di ulasan spesifikasi yang bisa kamu cari di internet atau akan lebih baik lagi jika langsung menanyakannya ke Showroom DFSK Indonesia terdekat.

2. Perhatikan Lebar dan Pola Tapak Ban

Setelah memperhatikan ukuran ban, jangan lupa juga untuk memperhatikan lebar ban tersebut. Biasanya, daya cengkram ban akan semakin tinggi jika ukuran bannya semakin lebar. Karena itu, lebih baik jika kamu pilih ban yang lebar dan bukan ban yang kecil (lebih tipis).

Tidak hanya lebar, Teman DFSK juga perlu memperhatikan pola tapak ban pada mobil yang cocok dengan mobil kamu ketika membelinya. Pola tapak ban disarankan sesuai dengan daerah tempat tinggalmu. Jika tinggal di daerah yang punya curah hujan yang tinggi, disarankan memilih pola tapak ban berbentuk V, karena alur bentuk V sangat baik untuk menghalau air ketika melaju di jalan yang basah atau tergenang.

Adapula tapak ban asimetris. Tapak ban asimetris ini maksudnya memiliki model alur yang berbeda pada bagian luar dan dalam. Pada umumnya, ban memiliki tapak yang simetris, sehingga bentuk alurnya sama. Nah, tapak ban dengan alur asimetris ini memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan tapak ban simetris, sehingga dapat digunakan di jalan basah maupun kering.

3. Perhatikan Ketebalan Ban

Mengecek ketebalan ban penting dilakukan agar perjalananmu di jalan yang rusak sekalipun bisa berjalan mulus tanpa gangguan yang berarti.  Perusahaan ban umumnya menetapkan standar khusus untuk ketebalan setiap ban yang diproduksinya untuk menghindari beberapa resiko kenyamanan dan keamanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko buruk bagi si pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

4. Pilih Ban Sesuai Kebutuhan

Kalau kendaraan tersebut adalah alat transportasi sehari-hari maka pilihlah ban mobil yang nyaman. Jika kebutuhan kamu adalah untuk melintasi daerah yang basah setiap hari, berarti kebutuhan alur pola tapak ban punya peran paling penting.

5. Perhatikan Kode Kecepatan

Ban mobil juga memiliki keterbatasan seperti mesin pada umumnya. Teman DFSK bisa melihat kode kecepatan pada huruf terakhir dari kode yang ada di ban mobil. Jika kamu suka memacu mobilmu dengan kencang atau hingga kecepatan maksimal, kamu harus memastikan bahwa ban dapat bertahan dengan baik.

Dalam hal ini ban dapat bertahan pada panas yang diakibatkan oleh rotasi ban yang berputar dengan kencang. Teman DFSK bisa perhatikan contoh kode P195/55/R15 84V. Pada kode ini terdapat huruf V pada bagian paling belakang. Huruf V menunjukkan kecepatan maksimal yang mampu diatasi oleh ban. Jika diterjemahkan kecepatan maksimal mencapai 240 km/jam.

Nah, itu dia 5 faktor yang harus Teman DFSK perhatikan saat akan memilih ban baru. Untuk info lebih detailnya Teman DFSK bisa langsung datang ke Showroom DFSK Indonesia terdekat di kotamu.

Share :

Related Article