Review DFSK Glory 580: SUV 7 Seaters Harga Terjangkau dengan Kualitas Premium

Review DFSK Glory 580: SUV 7 Seaters Harga Terjangkau dengan Kualitas Premium
Ada hal yang menarik jika Anda sempat mengamati ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 April lalu. Betapa tidak, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) baru besutan DFSK, yaitu DFSK Glory 580, tidak disangka-sangka mampu menyabet gelar SUV terbaik IIMS 2018. Padahal, mobil ini benar-benar masih fresh dan baru diluncurkan pada event tersebut oleh PT. Sokonindo Automobile. Wajar jika Anda terkejut, karena memang belum banyak orang tahu tentang DFSK Glory series ini. Tidak salah pula jika Anda bertanya-tanya apa sih DFSK? Nah, untuk cari tahu jawabannya, yuk, simak satu-persatu penjabaran di bawah ini! Jangan kaget jika Anda akan dibuat terperangah jika tahu lebih dalam seputar review DFSK Glory 580 berikut!

Apa itu DFSK Glory 580?

DFSK Glory 580 adalah salah satu produk mobil tipe SUV dari pabrikan Dongfeng Sokon (DFSK) yang menawarkan beragam keunggulan bagi para penggemar SUV 7-seaters yang meliputi fleksibilitas kabin, kenyamanan, fitur-fitur modern hingga performanya. SUV ini adalah model global yang dijagokan DFSK sebagai penantang merek-merek SUV yang sudah mapan saat ini.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Juni 2016, dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, DFSK telah terjual lebih dari 400,000 unit, dan telah diekspor ke Mesir, Chili, Kolombia dan 20 negara lainnya. Terkenal secara Global juga menjadikan DFSK sukses memenangkan beberapa penghargaan sejak kehadirannya di China, seperti Gold Award of 2017 Best SUV dari China Automobile Association and Media, lebih jauh lagi, DFSK Glory type 580 1.5 L Turbo CVT juga meraih posisi sebagai mesin “Top Ten” dari China Automobile Industry Association.

Masuk ke Indonesia, DFSK mendapatkan versi setir kanan-nya yang diproduksi langsung di pabrik DFSK di Cikande, Serang, Banten dengan konsep industri 4.0 dan dibuat oleh putra-putri bangsa Indonesia dengan standar kualitas global dan menganut konsep smart factory yang menghadirkan tiga keunggulan utama, yaitu super space, super driving experience, dan super warranty dimana tidak hanya menjadi yang lebih baik di kelasnya, namun juga dapat melebihi ekspektasi konsumen.

DFSK seri 580 ini memiliki tampilan yang terbaik di kelasnya dengan dimensi panjang 4680 mm, lebar 1845 mm dan tinggi 1715 mm, serta panjang bagasi yang bervariasi mulai 390 – 2040 mm, memberikan keunggulan keleluasaan terbaik dari sebuah mobil SUV. Mobil ini juga memiliki wheelbase seluas 2780 mm, yang merupakan wheelbase terluas di kelasnya sehingga DFSK Glory 580 jadi semakin lapang.

Performa DFSK Glory didukung dengan pilihan mesin 1.8-liter dan 1.5T turbocharger, dengan tenaga puncak mencapai 102kW dan 110kW. Hal ini juga didukung oleh chassis yang telah dikembangkan secara akurat oleh para tim ahli global dan mampu beradaptasi pada beragam kondisi, serta mampu mengendalikan lebih dari 200 titik getaran dan kebisingan (NVH).

Dengan spesifikasi dapur pacu di atas, DFSK seri ini terasa begitu ringan saat pedal gas diinjak. Jelas terasa bahwa mobil ini memiliki akselerasi yang responsif dan bakal cukup gesit untuk bermanuver di jalanan. Kenyamanan mobil ini juga makin lengkap dengan suspensi yang sudah terbukti kualitasnya, yaitu suspensi MacPherson Independent di bagian depan, dan Torsion Beam di belakang.

Review DFSK Glory 580 Berdasarkan Fitur-Fiturnya

DFSK Glory 580 Dalam mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara, DFSK menawarkan beragam fitur-fitur unggulan untuk memberikan Super Driving Experience bagi para konsumen. Berikut Review DFSK Glory 580 Berdasarkan Fiturnya.
  • Fitur Pintar dan Keamanan
DFSK seri Glory dilengkapi dengan berbagai fitur pintar dan fitur keselamatan terbaik di kelasnya, seperti sistem rem anti-lock (ABS), electronic brake force distribution (EBD), electronic brake assist (EBA), electronic parking brake (EPB), fungsi HHC uphill assist, tire pressure monitoring system (TPMS), driving recorder, kamera parkir, layar sentuh 10-inch, setir berlapis kulit dengan tombol multi-fungsi dan smart key.
  • Interior
Dari sisi interior, Anda akan langsung merasakan mewahnya begitu Anda memasuki mobil ini. Anda akan disambut dengan jok semi kulit dan door trim beraksen karbon. Adanya head unit dengan LCD 10 inci yang terkoneksi ke internet akan menjamin kebutuhan hiburan dan navigasi selama Anda berkendara. Layar tersebut juga digunakan untuk menampilkan view dari kamera depan dan belakang mobil yang sangat berguna saat berkendara, khususnya ketika parkir. Kursi mobil inipun terasa istimewa dengan adanya side support, yang membantu menahan posisi tubuh saat menikung di tikungan tajam. Ditambah lagi dengan keberadaan sunroof, tentu akan membuat setiap orang yang mengendarai mobil ini merasakan sensasi mewah dan premium.
  • Eksterior
Tampilannya menjadi salah satu faktor yang mengundang banyak perhatian pengunjung selama ajang IIMS 2018 di Jakarta. Bagian depan mobil dilengkapi grille chrome yang ditambah lagi dengan desain lampu utama yang mengadopsi desain tipis lampu halogen yang dilengkapi dengan Day Time Running Lights (DRL). Di bagian belakang mobil, kesan mewah muncul dari lapisan krom di bagian pembuka pintu belakang. Ini membuat pintunya terasa mantap saat dibuka. Bukan hanya itu saja, roof spoiler-nya pun telah dilengkapi dengan high moon stop lamp plus antena dengan model shark fin yang tidak ketinggalan zaman.

Perbandingan Harga DFSK Glory 580

Dalam peluncuran di IIMS 2018 tersebut, PT. Sokonindo Automobile sekaligus merilis harga DFSK type Glory series, yang dirilis dengan dua varian yaitu varian Comfort dan Luxury. Sebenarnya, terdapat empat varian seri DFSK Glory yang bakal dipasarkan di Indonesia, namun dua varian lainnya yaitu Elite dan Premium baru akan diumumkan harganya dalam waktu dekat. Untuk Anda ketahui, varian Elite adalah varian terbawah dari seri Glory, sementara Premium adalah varian tertingginya.

Pihak Sokonindo menjelaskan bahwa harganya dimulai dari Rp 245,9 juta untuk varian Comfort, hingga Rp 308 juta untuk tipe Luxury CVT sebagai yang termahal. Berikut detailnya:

Comfort 1.8L 5 MT - Rp 245.900.000

Seri Glory Comfort hadir dengan mesin 1.8L dan transmisi manual dengan 5 percepatan. Tipe mesin seri ini merupakan tipe natural aspiration, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar  102/139 kW dengan torsi puncak 187 Nm/rpm. Sisi eksterior sudah dilengkapi DRL, spoiler belakang, dan lampu LED belakang. Interiornya antara lain sistem audio LCD touchscreen dengan GPS, electric parking brake, dan sunroof. Sementara sistem keamanan ada empat airbags di depan, rem ABS, EBD, BA, dan kamera parkir.

Comfort 1.5L CVT - Rp 282.000.000

Seri Comfort juga hadir dengan mesin 1.5L dan transmisi otomatis CVT. Tenaga yang dihasilkan mesin 1.5L ini mencapai 110/150 kW dan torsi mencapai 220 Nm/rpm, karena sudah menggunakan induksi turbocharger. Selain sisi dapur pacu, tidak ada perbedaan dari sisi fitur dengan Comfort 1.8L.

Luxury 1.5L 6 MT - Rp 295.000.000
Seri Luxury hadir dengan mesin 1.5L turbocharged bertransmisi manual memiliki 6 percepatan. Selain memiliki seluruh fitur yang ada di seri Comfort, ada beberapa tambahan fitur seperti smart-entry key dengan tombol start-stop, cruise control, serta fungsi pemanas untuk spion. Seri Luxury juga hadir dengan pelek 17-inci alloy dual tone yang trendy dan menggunakan LCD touchscreen 10 inci.

Luxury 1.5L CVT - Rp 308.000.000
Dari sisi mesin, seri ini tidak ada perbedaan dengan seri Luxury 6 MT. Namun, pada sisi fitur, terdapat penambahan tire pressure monitoring system, vehicle running recorder, dan jam protecting power window. Seri Luxury ini merupakan seri yang tertinggi di antara jajaran seri Glory.

SUV Terbaik pada IIMS 2018

Gebrakan DFSK dengan menghadirkan city SUV 7 seaters-nya hingga mampu menyabet gelar SUV terbaik di IIMS 2018 merupakan buah hasil kerja keras pabrikan asal Cina tersebut. Penghargaan sebagai SUV Terbaik tersebut diserahkan langsung oleh Project Director IIMS 2018, Hendra Noor Saleh, kepada Managing Director Sales Centre PT Sokonindo Automobile, Franz Wang.

Tentu saja gelar ini didapat setelah mendapatkan penilaian yang tinggi selama IIMS 2018 berlangsung. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, beberapa poin penilaian yang digunakan yaitu desain keseluruhan yang menarik, fitur-fitur unggulan bagi pengguna, serta apakah nilai guna kendaraan sesuai dengan harga yang dibanderol oleh pabrikan.

Dari poin-poin tersebut, SUV DFSK dinilai mampu melebihi SUV-SUV lain yang ada di IIMS 2018 kemarin. Desain yang gagah dan terlihat mewah untuk kelas SUV dengan harga di level tersebut tidak bisa dipandang remeh. Begitu pula fitur-fitur unggulan yang disematkan seperti smartkey, electric sunroof, tire pressure monitoring system, dan vehicle running recorder yang ada jadi bekal untuk menyabet gelar ini. Asal tahu saja, tidak semua mobil SUV punya fitur smart macam ini, lho!

Dari sisi value for money, perbandingan harganya dengan SUV merek lain terpaut cukup jauh. Memang, DFSK seri ini adalah mobil yang tergolong murah, namun sama sekali tidak murahan. Dengan desain apik dan fitur-fitur canggih yang Anda dapatkan tadi, masih juga ditambah garansi mesin hingga 7 tahun atau 150.000 kilometer! Memang DFSK yang berusaha memotori pemberian garansi selama itu. Tidak heran, gelar SUV Terbaik pun diboyong pulang.

Ternyata pula, mobil terbaru dari DFSK ini bukan hanya menyabet gelar SUV Terbaik, tapi juga The Most Tested Choice Automobile! Ini menunjukkan bahwa ketertarikan konsumen akan mobil SUV baru ini sangat besar.

Sumber:

https://otomotif.kompas.com/read/2018/04/21/084200115/simak-harga-lengkap-dfsk-glory-580-penantang-cr-v
https://www.liputan6.com/otomotif/read/3495141/menguji-dfsk-glory-580-sepantar-dengan-harganya
https://bisnis.tempo.co/read/1084276/iims-2018-dfsk-glory-580-dinobatkan-jadi-suv-terbaik
https://otomotif.tempo.co/read/1084070/dfsk-glory-580-sabet-gelar-suv-terbaik-di-iims-2018
http://www.tribunnews.com/otomotif/2018/04/28/dfsk-glory-580-mobil-7-seater-suv-murah-tapi-tidak-murahan
https://www.viva.co.id/review/1030526-review-glory-580-mobil-premium-harga-miring-dari-china
https://www.otomaniac.com/harga-dfsk-sokon-glory-580/

Diakses pada: 30 Mei 2018
Share :

Related Article